Wednesday, July 11, 2012

Cara Praktis Membuat Blog di Blogger terbaru (revisi)

Terminologi blog sudah sangat dikenal di kalangan pemakai internet terutama yang aktif browsing di dunia maya yang mencari berbagai informasi diberbagai dunia digital. meski begitu, tak sedikit yang ternyata masih bingung ketika ditanya apa itu blog. Saya pribadi mengartikan blog sebagai wahana untuk menyebarkan berbagai penjelasan berupa postingan yang meliputi opini, analisis dan jenis data digital lainnya ke dunia maya secara luas dan berkesinambungan. Cakupan kontennya tidak terbatas, bisa berupa teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit sekalipun.

Setelah tahu apa saja yang ditawarkan Blogger, saatnya membahas cara membuat blogspot. Tak sekedar membuat saja. Di bawah ini, Anda akan temukan enam cara membuat blog di blogspot yang menarik.

1. Membuat blog

Untuk membuat blog, Anda perlu mengakses website Blogger di https://www.blogger.com/. Ketika website sudah menampilkan halamannya, klik tombol Create Your Blog.

 


 

 

 

 

 

                      Gbr. 1

 

Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk masuk  login akun Gmail. Inilah cara termudah untuk membuat akun Blogspot. Langsung saja masukkan username dan password untuk melanjutkan dengan catatan Anda sudah punya buat akun gmail.

 


 

 

 

 

 

 

                       gbr. 2

Kemudian Anda perlu melakukan konfirmasi profil blog. Anda tinggal isi kolom yang tersedia dengan nama blog yang ingin ditampilkan. Kemudian klik Lanjutkan ke Blogger.

 


 

 

 

 

 

                   gbr. 3


Apabila   selesai mengisi data Anda  akan mendapati halaman Selamat Datang, seperti di bawah ini.


 

 

 

 

 

 

                  gbr. 4


Untuk lanjut membuat blog, klik tombol Create New

 


 

 

 

 

 

 

 gbr. 5


Berikutnya, Anda akan mendapat pop-up seperti tampilan di atas.

Pada bagian Title, masukkan judul blog yang ingin Anda pilih sesuai seleramu. Judul ini akan muncul di halaman depan blog.

Lalu di bagian Address IP, masukkan URL yang ingin digunakan sebagai alamat blog. Alamat ini otomatis akan diikuti dengan ekstensi .blogspot.com

Pada bagian Theme, silakan pilih tema yang ingin digunakan pada blog. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah semuanya diisi, klik Create blog! Kini, Anda sudah mempunyai halaman Blogspot sendiri.

2. Membuat post atau halaman

Membuat blog saja tentu tidak cukup. Agar blog bisa berfungsi optimal, Anda perlu mengisinya dengan berbagai konten. Di bagian ini, saya akan tunjukkan pada  Anda cara membuat post atau halaman konten.

Untuk membuat post, Anda cukup klik menu Posts dan pilih tombol New post. 


 

 

 

 

 

 

                   gbr. 6

Untuk membuat halaman blog, Anda tinggal klik menu Pages/ halaman  dan klik tombol New page/ halaman baru


 

 

 

 

 

                     gbr. 7


Selintas kedua opsi di atas nampak sama. Akan tetapi, Post/ postingan  dan Pages/ halaman punya fungsi berbeda. 

Pages dipakai untuk menampilkan halaman-halaman penting di blog. Halaman ini sering kali berwujud halaman kategori atau informasi penting seperti about us. Di sisi lain, post adalah konten yang mengisi halaman-halaman utama tersebut.

Jika Anda perhatikan, satu-satunya yang membedakan halaman Pages dan Posts ialah pengaturan di sebelah kanan halaman. Di bagian pages, Kamu akan temukan tiga opsi pengaturan untuk komentar, compose mode, dan line breaks.

Untuk halaman posts, opsi yang tercantum di kanan lebih komplek. Tepatnya, ada lima tawaran yang tersedia. Kelima tawaran yang dimaksud ialah labels, schedule, permalink, location, dan option (sama persis dengan opsi di pages).

3. Cara mengatur tampilan blog

Rahasia tampilan Blogger yang bagus ada pada tema. Berikut kami tunjukkan cara membuat blog di blogspot yang menarik.

Klik Theme pada pilihan menu di sebelah kiri. Nantinya Anda akan disuguhi berbagai pilihan tema yang dapat diinstall. 


 

 

 

 

 

 

                    gbr.8


Pilih salah satu tema yang ingin Anda install. Nanti akan muncul cuplikan singkat seperti gambar di bawah ini. Untuk install, Anda tinggal klik tombol Apply.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                        gbr. 9


Jika menginginkan kustomisasi lebih lanjut, Anda tinggal klik tombol Customize.


 

 

 

 

 

 

 

 

                    gbr. 10


Nantinya akan muncul dialog berikut ini


 

 

 

 

 

 

 

 

 

                   gbr. 11


Di halaman Customize, Anda bisa mengatur tampilan tema dengan lebih lengkap. Tepatnya, ada tiga opsi kustomisasi yang bisa Anda manfaatkan di sini.

Pertama, opsi Background. Opsi ini memungkinkan Anda mengubah background tema dengan pilihan gambar yang tersedia. Anda juga dapat mengubah pallete warna tema dengan memilih paketan warna yang disediakan.

Kedua, opsi Advanced. Di sini, Anda boleh mengubah warna dan jenis font pada banyak elemen tema. Mulai dari body, blog title, tabs, posts, sharing, blockquotes, pictures, sidebar, search bar, dan attribution. Anda juga bisa mengatur lebar tampilan dan menambahkan CSS.

Ketiga, bagian Gadgets. Opsi ini sebetulnya mirip dengan widget pada WordPress. Di bagian ini, Anda bisa mengatur tampilan dan fungsi elemen-elemen di blog. Misalnya saja, tombol Follow me by email (subscribe), pages, blog archive, labels, featured post, popular post, header, search, dan report abuse.

 4. Cara mengatur layout blog

Penataan tampilan tak cukup menginstall tema saja. Di Blogger, Anda bisa berperan serta mengatur layout atau susunan bagian di blog. Untuk melakukannya, Anda perlu klik tombol Layout di menu.

 


 

 

 

 

 

 

                        gbr. 12


Nantinya, Anda akan muncul tampilan gambar seperti di atas. Untuk melakukan konfigurasi di tiap komponen, tinggal klik tombol bergambar pena. Tombol tersebut akan memunculkan pop-up di mana Anda bisa melakukan komposisi.

Beberapa komponen, terutama Gadget, dapat pula disusun sesuai keinginan. Anda dapat melakukannya dengan klik dan tarik (drag and drop) di tempat yang Anda mau.

Untuk melihat tampilan sebelum disimpan, Anda bisa klik tombol Preview. Ketika sudah mantap, jangan lupa simpan konfigurasi yang Anda buat dengan klik tombol Save arrangement.

5. Cara melakukan pengaturan lebih lengkap

Oke. Anda sudah tahu cara membuat blogspot, membuat konten, dan mengatur tampilan blog. Tapi ada baiknya untuk mengeksplor lebih dalam ke bagian pengaturan. Sebab, bagian ini memuat konfigurasi yang tak terbatas pada tampilan saja. Akan tetapi, juga fungsi, keamanan, SEO, dan lain sebagainya.


 

 

 

 

 

                    gbr. 13

Di Blogger, terdapat tujuh submenu pada bagian pengaturan. Ketujuh submenu tersebut, yaitu basic; post, comments, and sharing; email; language and formatting; search preferences; other; dan user settings. Anda akan temukan penjelasan masing-masing submenu di bawah ini:

1.   Basic

Submenu ini memuat empat tawaran pengaturan.

1.1.   basic yang memuat judul dan deskripsi blog. Berikut juga settingan privasi supaya blog tampil di direktori Blogger dan mesin pencari.

1.2.   bagian publishing untuk mengatur URL blog. Bagian ini juga yang akan Anda butuhkan ketika ingin menghubungkan blog pada domain.

1.3.   tawaran HTTPS. tawaran ini memastikan blog Anda memiliki sertifikat keamanan. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal pilih opsi Yes pada bagian tersebut.

1.4.   bagian permissions. Bagian ini mengatur siapa saja yang berhak menjadi admin blog. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang berhak mendapatkan akses untuk membaca blog. 

2.   Posts, comments, and sharing

Seperti namanya, tawaran ini mengatur dua elemen utama di blog.

2.1.   Posts. tawaran yang ini mengatur berapa banyak jumlah post yang ditampilkan. Selain itu, bagaimana post ditampilkan juga diatur di bagian ini.

2.2.   Comments tawaran yang satu ini agak lebih banyak dibandingkan tawaran sebelumnya. Di sini, Anda boleh mengatur bentuk comments section, siapa yang boleh meninggalkan komentar, comments moderation, verifikasi komentar, serta tambahan pesan untuk kolom komentar.

3.   Email

Blogger mengizinkan  Anda mempublikasikan konten via email. Di bagian inilah, pengaturan untuk itu diaktifkan.

Di samping itu, Anda juga menambahkan email untuk mendapatkan notifikasi komentar atau mengirimkan konten terkini.

4.   Language and formatting

Pada bagian language, Anda bisa mengatur bahasa yang digunakan di blog. Ada juga fitur transliterasi (proses alih aksara dari satu bahasa agar bisa dibaca) yang bisa diaktifkan.

Sisanya, terdapat pengaturan zona waktu dan format penulisan tanggal.

5.   Search preferences

Bagian yang satu ini berkaitan erat dengan SEO. Di sini, Anda dapat melakukan konfigurasi untuk meta description, errors and redirection, crawlers and indexing, serta monetization.

6.   Other

Opsi ini memuat konfigurasi berkaitan dengan konten. Tepatnya soal import dan export konten, RSS feed, notifikasi konten dewasa, dan pengaturan Google Analytics.

7.   User settings

Terakhir ialah user settings. Di bagian ini, Anda bisa mengatur segala hal berkaitan dengan akun Blogger. Mulai dari privasi, identitas, foto profil, dan informasi personal lainnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton youtube berikut ini

 


 

 

Kesimpulan

Blogger merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan platform yang simpel, praktis, dan mudah. Meski begitu, Blogger tak kalah dengan platform blog lainnya. 

Di artikel ini, Anda kami ajak mengeksplor Blogger dengan lebih lengkap. Anda juga kami ajak untuk belajar cara membuat blogspot, membuat konten, mengatur tampilan blog, mengeksplor opsi pengaturannya.





No comments: